Menggunakan media sosial untuk
pemasaran dapat mengaktifkan usaha kecil yang ingin melanjutkan
jangkauan mereka kepada lebih banyak pelanggan. Pelanggan Anda
berinteraksi dengan merek melalui media sosial, oleh karena itu,
kehadiran media sosial yang kuat di web adalah kunci untuk memanfaatkan
ketertarikan mereka. Jika diterapkan dengan benar, pemasaran dengan
media sosial dapat membawa keberhasilan yang luar biasa bagi bisnis
Anda.
Apa itu Social Media Marketing ?
Sosial
media pemasaran atau SMM adalah bentuk pemasaran internet yang
mengimplementasikan berbagai jaringan media sosial untuk mencapai
komunikasi pemasaran dan tujuan branding. Sosial media pemasaran
meliputi kegiatan yang melibatkan berbagi sosial konten, video, dan
gambar untuk tujuan pemasaran.
Panduan ini memberikan gambaran
dasar tentang cara menggunakan media sosial untuk pemasaran, melayani
sebagai media pemasaran sosial untuk dummies manual. Belajar tentang
bagaimana untuk menuai keuntungan dari menggunakan media sosial dalam
pemasaran.
Mulai Dengan Rencana
Sebelum
Anda mulai membuat kampanye pemasaran media sosial, mempertimbangkan
tujuan bisnis Anda. Memulai kampanye pemasaran media sosial tanpa
rencana dalam pikiran adalah seperti mengembara melalui hutan tanpa peta
- Anda hanya berakhir hilang.
Membuat rencana pemasaran media
sosial dan brainstorming tentang tujuan Anda : apa yang Anda harap untuk
mencapai melalui pemasaran media sosial? Siapa target Anda? Dimana
target pemirsa Anda akan bergaul dan bagaimana mereka akan menggunakan
media sosial? Pesan apa yang ingin Anda kirim ke audiens Anda dengan
pemasaran media sosial?
Mengembangkan Tujuan Anda
Sosial media pemasaran dapat membantu dengan sejumlah tujuan, seperti:
- Lalu lintas Situs
- Konversi
- Kesadaran merek
- Menciptakan identitas merek dan asosiasi merek positif
- Komunikasi dan interaksi dengan khalayak utama
Hanya dengan menetapkan tujuan, Anda dapat mengukur
Sosial Media ROI (Return On Investment).
Belajar Marketing dengan Media Sosial
Berikut adalah beberapa tips pemasaran media sosial untuk membuat Anda di jalur yang benar di semua kampanye media sosial Anda.
- Perencanaan - Seperti telah dibahas sebelumnya, membangun
rencana pemasaran media sosial sangat penting. Pertimbangkan penelitian
kata kunci dan brainstorming ide-ide konten yang akan menarik audiens
target Anda.
- Konten adalah Raja - Konsisten dengan daerah lain pemasaran
online, konten memerintah raja ketika datang ke pemasaran media sosial.
Pastikan Anda menawarkan informasi berharga bahwa pelanggan ideal Anda
akan menemukan hal menarik. Menciptakan berbagai konten dengan
menerapkan gambar, video, dan infografis di samping konten berbasis teks
klasik.
- Konsisten Brand Image - Menggunakan media sosial untuk
pemasaran memungkinkan bisnis Anda untuk memproyeksikan citra merek Anda
di berbagai platform media sosial yang berbeda. Sementara setiap
platform memiliki lingkungan yang unik dan suara, identitas inti bisnis
Anda harus tetap konsisten.
- Blog - Blogging adalah alat pemasaran media sosial besar yang
memungkinkan Anda berbagi berbagai macam informasi dan konten dengan
pembaca. Blog perusahaan Anda juga dapat berfungsi sebagai blog pemasaran media sosial Anda, dimana blog Anda tentang product terbaru anda, kontes, dan acara.
- Links - Saat menggunakan media sosial untuk pemasaran
terutama pada bisnis, Anda berbagi konten unik, konten asli untuk
mendapatkan pengikut dan penggemar, itu juga bagus untuk link ke artikel
anda. Jika sumber-sumber lain memberikan hal besar, informasi berharga,
Anda berpikir target audiens Anda akan menikmati konten anda yang unik
dan asli, jangan malu terhubung dengan mereka. Menghubungkan ke
sumber-sumber luar meningkatkan kepercayaan dan kehandalan, dan Anda
bahkan bisa mendapatkan beberapa link sebagai balasannya.
- Mengikuti Jejak Pesaing - Ini selalu penting untuk mengawasi
pesaing - mereka dapat memberikan data berharga untuk penelitian kata
kunci, di mana untuk mendapatkan link yang terkait dengan industri, dan
media wawasan pemasaran sosial lainnya. Jika pesaing Anda menggunakan
teknik pemasaran media sosial tertentu yang tampaknya bekerja untuk
mereka, lakukan hal yang sama, tapi melakukannya dengan lebih baik !
- Mengukur Sukses dengan Analytics - Anda tidak dapat
menentukan keberhasilan strategi pemasaran media sosial Anda tanpa
pelacakan data. Google Analytics dapat digunakan sebagai alat pemasaran
media sosial yang besar yang akan membantu Anda mengukur teknik
kemenangan media sosial pemasaran Anda, serta menentukan strategi mana
yang lebih baik ditinggalkan. Pasang tag pelacakan untuk kampanye
pemasaran media sosial Anda sehingga Anda dapat memonitor mereka.
Title : Panduan Memulai Social Media untuk Marketing
Description : Menggunakan media sosial untuk pemasaran dapat mengaktifkan usaha kecil yang ingin melanjutkan jangkauan mereka kepada lebih banyak pe...